Rabu, 11 Maret 2015

Salah satu jenis penyakit yang paling sering mengganggu system pencernaan adalah asam lambung. Jika seseorang sudah terkena penyakit asam lambung, maka dia akan sangat merasa gelisah, seperti adanya gejolak dalam lambungnya. Sehingga makanan seenak apapun tidak begitu menggoda selera. Asam lambung sering juga disebut dengan penyakit Maag. Maag terjadi karena adanya peningkatan volume asam lambung hingga mengakibatkan rasa mual.

Penyakit maag jika tidak ditangani dengan serius bisa membuat maag semakin parah dan bisa menimbulkan maag kronis yang berakibat fatal. Ada banyak sekali cara agar kita tidak terkena penyakit maag atau asam lambung ini. Salah satunya dengan mengenali apa saja makanan yang seharusnya kita hindari apabila sudah terkena asam lambung tinggi, dibawah ini beberapa jenis sayuran yang sehat di konsumsi untuk penderita Asam lambung : 

1. Kunyit
Kunyit (curcuma longa) merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan para ibu rumah tangga untuk mengolah masakan menjadi lebih enak. Selain untuk menambah sedap makanan ternyata kunyit juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan dan lambung khususnya untuk mengobati dan mencegah Asam lambung / Maag. Kandungan dalam kunyit tersebut terbukti mampu menurunkan sekresi asam lambung serta membantu meningkatkan produksi  mukosa dalam lambung.

2. Wortel
Selain untuk pemenuhan kebutuhan sayur mayor dan kandungan zat dan vitamin seperti kalsium yang baik untuk kesehatan, ternyata wortel juga sangat bermanfaat untuk orang yang terkena penyakit asam lambung/maag ini, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan yang paling penting adalah dapat meningkatkan fungsi imun dalam tubuh.

3. Brokoli
Sayuran brokoli ini hampir di gemari semua kalangan. Di jepang sendiri telah dilakukan penelitian dan hasilnya di dapati fakta bahwa apabila seseorang mengkonsumsi sayuran hijau brokoli ini sebanyak kurang lebih 60 sd 70 gram per hari selama 2 bulan berturut-turut dapat mengobati dan melindungi tubuh dari bakteri-bakteri penyebab gangguan perut yang terkait dengan penyakit maag, infeksi lambung bahkan mampu mencegah penyakit kanker perut. Kandungan Zat Sulforaphane yang ada dalam brokoli mampu mempercepat produksi enzim di hati. Dan satu hal yang perlu diketahui, bahwa kandungan sulforaphane dalam brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yang sudah di rebus. Itu sebabnya orang jepang banyak mengkonsumsi brokoli mentah atau yang hanya direbus setengah masak.

4. Kubis
Seperti sayuran lainnya, kubis juga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit perut seperti tukak lambung. Cara yang paling mudah menjadikan kubis sebagai obat untuk tukak lambung adalah dengan membuatnya menjadi minuman jus kubis.  Kubis memiliki kandungan anti inflamasi, ini disebabkan oleh kandungan asam amino yang tinggi dalam sayuran kubis. Selain itu, kubis juga mampu meningkatkan imunitas tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar

CARA SEHAT.com © 2015 | Powered by LendCreative.com