Senin, 27 April 2015

Sariawan bukan hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C



Sering kali persepsi yang banyak berkembang di masyarakat bahwa ketika seseorang sedang menderita sariawan, itu berarti si penderita mengalami kekurangan vitamin C. Sehingga mereka berupaya untuk menyembuhkan sariawan dengan banyak mengkonsumsi vitamin C tambahan, baik itu dari buah-buahan maupun dari multivitamin khusus vitamin C. Padahal sebenarnya sariawan itu bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Beberapa penilitan kesehatan tentang sariawan ini memang menyarankan untuk banyak mengkonsumsi vitamin C tambahan, seperti saat ini yang banyak kita jumpai di apotik ada permen khusus penambah vitamin C. tujuannya tak lain dan tak bukan hanya untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan tersebut. 

Namun, ada cara lain yang lebih aman di konsumsi untuk mempercepat penyembuhan sariawan adalah dengan mengkonsumsi buah Semangka, buah Pir dan ketimun serta kalau lebih bagus lagi di tambah dengan mengkonsumsi sayur selada. Karena buah dan sayur tersebut memiliki sifat menenangkan luka (sariawan) dan tentunya kandungan zat dan vitamin yang terkandung didalam buah tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan sariwawan tersebut.

Jika ternyata penyakit sariawan yang terjadi dikarenakan oleh faktor trauma fisik seperti akibat pemakaian kawat gigi ataupun luka pada saat menyikat gigi terlalu keras. Maka hal ini sangat penting untuk dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tetapi jika pemicunnya karena stress akibat berbagai masalah dalam keseharian, cobalah untuk melakukan rileksasi seperti olahraga yoga atau meditasi atau melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan pikiran, seperti berjalan-jalan bersama orang tersayang di tempat yang indah, atau berjalan dengan anjing kesayangannya.

Ahli penyakit mulut dari Rumah sakit Cipto Mangun kusumo, DR.drg. Harum Sasanti Yudoyono, SP.PM juga berpendapat soal penyakit sariawan ini bahwa penyebab yang paling dominan dari sariawan ini adalah faktor genetik (keturunan) dan di tambah lagi oleh pemicu-pemicu lain seperti yang dijelaskan sebelumnya yakni stress dan masalah lain seperti kelelahan, faktor hormonal, anemia, alergi obat, gangguan daya tahan tubuh, masalah kebutuhan nutrisi yang tidak cukup, serta yang paling banyak terjadi adalah karena adanya gangguan pencernaan. Jadi, Beliau menyimpulkan bahwa sariawan bukan hanya murni disebabkan oleh kekurangan vitamin C saja, seperti opini yang berkembang di masyarakat hingga saat ini.

Karena sebenarnya, seseorang yang kekurangan vitamin C tidak juga akan otomatis terkena sariawan melainkan ada juga yang hanya terganggu kesehatan gusinya, seperti mengalami gusi berdarah atau disebut dengan gingivitis kronis (peradangan gusi). Jadi intinya adalah vitamin C tidak ada kaitannya dengan penyebab sariawan. Bila Anda sariawan, sebaiknya mengkonsumsi vitamin B seperti B1,B16, B12 dan asam folat. Dan juga untuk senantiasa menjaga kebersihan mulut dengan membiasakan gosok gigi setelah makan.

Tagged:

1 komentar:

  1. makasih banyak informasinya gan
    http://idblackwalet.com/

    BalasHapus

CARA SEHAT.com © 2015 | Powered by LendCreative.com