Jumat, 10 April 2015




Memanfaatkan area pekarangan rumah yang tidak begitu produktif untuk menanam tanaman obat sangat di anjurkan. Hal ini karena dengan adanya tanaman obat di rumah kita sendiri, kita akan menjadi keluarga siaga, keluarga yang selalu memanfaatkan aneka tanaman herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini seperti kita telah menyediakan kotak P3K, untuk antisipasi jika terjadi gangguan kesehatan dan yang lainnya.

Untuk menanam tanaman obat ini, tidaklah harus menggunakan areal atau halaman pekarangan rumah yang luas, karena ada alternatif untuk menanam tanaman obat ini dengan menggunakan pot. Nah, untuk jenis tanamannya sendiri berikut dibawah ini adalah beberapa tanaman obat yang sangat dianjurkan untuk di tanam di pekarangan rumah atau minimal di simpan di kulkas untuk cadangan obat herbal.

1. Jahe
Jahe merupakan jenis buah-buahan yang biasa di gunakan untuk campuran masakan, agar masakan menjadi lebih lezat dan tentunya banyak manfaat lain yang bisa didapat dari jahe ini. Termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga metabolisme tubuh, serta mampu membantu mempercepat penyembuhan penyakit lain seperti masuk angin, sakit pada tenggorokan, asma dan lain-lain.

2. Kencur
Tanaman ini juga banyak kita jumpai di toko-toko harian yang menjual sayur mayur, tanaman yang sama seperti jahe ini juga digunakan orang sebagai campuran bumbu masakan. Namun, kita juga sering menjumpai banyak penjaja jamu keliling yang memanfaatkan kencur sebagai jamu untuk mengobati berbagai macam gangguan dan keluhan pada tubuh seperti kurangnya nafsu makan, sakit kepala yang berkepanjangan, mengobati masuk angin, radang lambung, menghilangkan darah kotor, batuk, diare, bahkan kencur bisa digunakan untuk mengobati keseleo. Itu sebabnya kita pernah mendengar jamu “beras kencur”, jamu jawa yang sudah cukup terkenal karena terbuat dari kandungan beras dan kencurnya. 

3. Temulawak
Dari jaman nenek moyang terdahulu, temulawak banyak dimanfaatkan untuk obat herbal. Khususnya di Indonesia, temulawak ini sudah sangat dikenal baik untuk kesehatan tubuh. beberapa manfaat dari temulawak ini adalah untuk menjaga kesehatan hati, menurunkan dan mengurangi lemak dalam darah, Mengurangi peradangan sendi, Menyembuhkan dan mencegah penyakit maag/asam lambung, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, mencegah gangguan ginjal dan kanker.

4. Lengkuas
Tanaman ini juga biasa dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Manfaat lain untuk kesehatan adalah mengatasi ganggung lambung dan juga sangat baik untuk yang susah buang angin, penambah nafsu makan, melancarkan air seni, diare, pembengkakan paru-paru, nyeri otot, menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, menghilangkan bau mulut, mengobati demam, meredakan rasa sakit.

5. Bangle
Tanaman yang bernama latin Zingiber Casumounar  ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menyembuhkan hepatitis, sakit kepala menahan, dan mengobati berbagai masalah perut.

Jenis tanaman obat lain yang sangat di anjurkan untuk ditanam atau dicadangkan di rumah masing-masing sebagai tanaman herbal untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit adalah lempuyang, kumis kucing, temu ireng, temu giring dan lain-lain.

Tagged: ,

0 komentar:

Posting Komentar

CARA SEHAT.com © 2015 | Powered by LendCreative.com