Cara Mengatasi Batuk Alergi

Batuk alergi biasanya timbul karena reaksi spontan tubuh yang tidak dapat mentoleransi beberapa zat tertentu penyebab alergi, misalnya pada debu dan udara dingin.

Batuk sebenarnya adalah reaksi tubuh untuk membersihkan berbagai partikel asing yang mungkin menyumbat saluran pernapasan kita misalnya lendir, iritasi, atau bakteri mikroba. Jadi batuk sebenarnya hanyalah reaksi tubuh yang sifatnya spontan dan menjaga tubuh dari masuknya beberapa zat yang dapat menimbulkan permasalahan saat bernapas. Batuk alergi biasanya terjadi karena penumpukan lendir di saluran pernapasan karena alergi pada udara dingin.

Batuk alergi timbul dengan tidak disertai demam dan sebenarnya cenderung tidak mengeluarkan dahak. Timbulnya batuk biasanya pada pagi dan malam hari, sebaiknya mengkonsumsi obat anti alergi, anti histamin, atau obat batuk saja tanpa harus menggunakan antibiotik karena batuk ini tidak disebabkan oleh infeksi karena bakteri tertentu.

Penyebab batuk alergi

Batuk alergi bisa berlangsung lama atau malah hanya sesaat saja. Oleh karena itu kita harus mengetahui batuk alergi yang kita derita timbulnya karena penyebab apa.

  • Beberapa zat yang terbang di udara dan terhirup udara dapat menyebabkan batuk alergi, misalnya debu, mikroba, serangga, asap rokok, serpihan sampah, dan beberapa zat kimia seperti obat nyamuk, parfum, dan lain-lain.
  • Zat-zat kimia tertentu yang terdapat dalam makanan, seperti MSG, pengawet makanan, dan histamin.

Gejala batuk alergi

  • Pilek yang mungkin disertai bersin-bersin, hidung tersumbat, dan saluran pernapasan terganggu.
  • Terkadang batuk disertai dengan asma, dan bunyi (mengi).

Penanggulangan

  • Jika Anda mengalami batuk alergi maka konsumsilah obat batuk yang biasanya di jual di apotek, obat batuk tersebut bukanlah antibiotik namun obat batuk biasa.
  • Namun, jika Anda menyukai untuk berobat secara tradisional Anda dapat mengkonsumsi habbatussauda, madu, jeruk nipis, kecap, atau jahe merah untuk meredakan batuk Anda. Misalnya, madu dan jeruk nipis sangat baik untuk mengusir batuk alergi karena kandungan vitamin C-nya cukup tinggi. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung anti oksidan seperti tomat, wortel, dan lain-lain agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Tagged As: , ,